3 Pilar Kawal Normalisasi Sungai Di Wilayah Kerja nya

  • Aug 18, 2024
  • Rebudi

Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo mulai melakukan pengerjaan normalisasi sungai Belokan I di wilayah Kelurahan Sumbertaman, Kecamatan Wonoasih. Diharapkan dengan adanya normalisasi tersebut, aliran sungai menjadi lancar sehingga tidak lagi tejadi banjir saat musim hujan datang. 

Lurah Sumbertaman, Muhammad Yusup yang turun lansung bersama Babinsa Dan Babinkamtibmas mengatakan, kehadirannya bersama 3 pilar untuk melihat proses normalisasi sungai di wilayah kerjanya. " Mengingat sungai Belokan I ini keberadaan masuk dalam wilayah kerja kami maka seyogya nya kami hadir untuk melakukan pendampingan," kata Muhamad Yusup, Minggu (18/8).

Ia menambahkan, keberadaan sungai Belokan I ini menjadi faktor terpenting dalam proses pengairan untuk lahan pertanian. "Sungai Belokan I ini melintasi sejumlah kelurahan yakni Sumbertaman, Sukoharjo dan Wiborang, Tentunya untuk pengairan juga mengandalkan air dari sungai tersebut,"ujarnya.

Lebih lanjut lurah berpostur tinggi tegap ini menegaskan, bahwa normalisasi oleh Dinas Pekerjaan Umum tersebut berawal dari usulan masyarakat lewat musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang). 

"Alhamdulillah tahun ini bisa terealisasi, terimakasih juga kami sampaikan kepada pengurus HIPPA Bangujaya Kelurahan Sumbertaman, semoga dengan adanya normalisasi ini membawa manfaat dan dampak positif bagi masyarakat Kelurahan Sumbertaman,"ungkapnya.

Sementara Ketua HIPPA Bangujaya Kelurahan Sumbertaman, Waras menegaskan bahwa pihak akan mengawal selama proses normalisasi sungai Belokan 1. "Kami akan mengawal sampai akhir pelaksanaan dan semoga setelah ini tidak ada lagi petani yang mengalami kesulitan air pada lahan pertanian nya,"tuturnya. (rebudi)

 

KEL SUMBERTAMAN
KIM BANGUJAYA