Perwakilan Masyarakat Kelurahan Sumbertaman Hadiri Sosialisasi Pencegahan Perdagangan Manusia

  • Oct 11, 2023
  • Rebudi

Sekretaris Daerah Kota Probolinggo Ninik Ira Wibawati secara simbolis membuka gelaran sosialisasi pencegahan perdagangan manusia di Kota Probolinggo tahun 2023 yang diprakarsai oleh badan kesatuan bangsa dan politik (Bakesbangpol). Sekda Ninik mengatakan bahwa tindak pidana perdagangan orang (TPPO) merupakan kejahatan transnasional yang bertentangan dengan harkat, martabat kemanusiaa dan melanggar hak asasi manusia (HAM), sehingga dibutuhkan strategi pencegahan dan penanganan yang serius dan komprehensif oleh negara.

Meningkatnya korban TPPO yang terlaporkan setiap tahunnya harus menjadi perhatian bersama untuk dapat melakukan berbagai upaya dan strategi pencegahan dan penanganan TPPO dengan memperkuat koordinasi gugus tugas tingkat propinsi, kabupaten dan kota. "Sekaligus secara masif mengedukasi dan mensosialisasikan tentang bagaimana strategi pencegahan TPPO kepada masyarakatnya," kata Sekda Ninik, Rabu (11/10).

Ia berharap kepada peserta sosialisasi untuk mengikuti hingga akhir, bertanya kepada narasumber jika ada yang kurang dipahami dan sampaikan apa yang didapat dalam sosialisasi ini kepada lingkungan. " Semoga melalui sosialiasi pencegahan perdagangan manusia ini menambah pengetahuan baru sebagai upaya meningkatkan sumberdaya manusia,"ujarnya.

Untuk diketahui dalam sosialisasi pencegahan perdagangan orang tersebut bertindak sebagai narasumber yakni dari Kantor UPT Imigrasi Malang dan Ketua DPRD Kota Probolinggo Abdul Mujib dengan peserta yakni perwakilan masyarakat Kota Probolinggo. (rebudi)